BERTELEPON


BERTELEPON

Bertelepon merupakan salah satu kegiatan komunikasi jarak jauh. Bertelepon berarti berhadapan dengan orang lain walaupan tak secara langsung bertatap muka. Untuk itu perlu berhati-hati dalam berucap.
Berikut merupakan hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika bertelepon.
1. Menerima Telepon
a.  Menerima dengan sopan serta ramah.
b. Sediakan alat untuk mencatat seandainya ada hal yang harus dicatat.
c.  Menyebutkan identitas diri.
d. Menyebutkan penelepon yang telah menyebutkan identitasnya.
e.  Menanyakan maksud penelepon dengan sopan.
f.   Melayani pembicaraan dengan bijaksana. Jangan terlalu mendominasi.
g.  Usahakan pada saat menerima telepon tidak menutup pembicaraan terlebih dahulu.
2. Menelepon
a.  Siapkan dan yakinkan kebenaran nomor telepon yang hendak dihibingi agar tidak salah sambung.
b. Siapkan pokok pembicaraan yang akan disampaikan agar tidak melantur ke mana-mana.
c.  Lakukan pembicaraan dalam telepon sesingkat mungkin yang sejelas mungkin sehingga tidak menggangu kesempatan orang lain untuk menerima panggilan telepon lainnya.
Ketika bertelepon, harus memerhatikan bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan untuk bertelepon sebaiknya bahasa yang sopan namun komunikatif. Seperti, ketika kita mengawali dan mengakhiri pembicaraan denagn seseorang dalam telepon, terlebih dahulu kita mengucapkan salam. Begitu pun saat menerima telepon, sebaiknya menyebutkan identitas, baru kemudian menyampaikan maksud dan tujuan bertelepon.
Contoh percakapan telepon :
Salam pembuka
Anang  : Halo...
Liya      : Halo. Selamat malam. Betul dengan Amanda Travel ?
Anang  : Ya betul.
Liya      : Saya Liya, saya mau pesan tiket, jam berapa besok bukunya ?
Inti Percakapan
Anang  : Oh ya. Kita buka dari jam 08.00 hingga 20.00
Liya      : Baiklah, besok jam 10.00 saya akan datang.
Anang  : Baik.
Salam Penutup
Liya      : Terima kasih. Selamat malam.
Anang : Selamat malam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar