Macam – macam Pengertian Kalimat

Macam – macam Pengertian Kalimat

a.  Denotasi       : arti yang sebenarnya (bukan arti kiasan atau makna tambahan).
b. Konotasi       : arti kiasan atau makna tambahan.
c.  Homonim      : kata yang sama lafal dan ejaannya dengan kata lain. Tetapi berbeda maknanya.
d. Homofon      : kata yang sama lafalnya dengan kata lain, tetapi berbeda ejaan dan maknanya.
e.  Homograf     : kata yng sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda bunyi dan maknanya.
f.  Polisemi        : kata-kata yang memiliki makna atau arti lebih dari satu karena adanya banyak komponen konsep dalam pemaknaan suatu kata.
g.  Sinonim                : bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain.
h. Antonim       : kata yang berlawanan kata dengan kata lain.
Contoh Kalimat
a) Contoh kalimat denotasi :
·     Ibuku mempunyai meja hijau.
·     Pak broto memelihara kambing hutan.
b) Contoh kalimat konotasi :
·     Pelaku itu dibawa ke meja hijau.
(meja hijau artinya pengadilan)
·     Pak Rahmat dianggap sebagai kambing hitam Pak Budi.
(kambing hitam artinya orang yang disalahkan)
c) Contoh kalimat homonim :
·     Bulan (dalam kalender), Bulan (nama satelit).
v Pada bulan Desember akan diadakan semester.
v Malam ini bulan bersinar dengan indah.
·     Genting (gawat), Genting (atap rumah).
v Keadaan masyarakat palestina sangat genting.
v Genting rumah saya bocor.
d) Contoh kalimat homofon :
·     Rok (pakaian), Rock (aliran musik).
v Ayu memekai rok ke kampus.
v Saya sangat suka musik rock.
·     Djarum (merek rokok), Jarum ( alat untuk menjahit).
v Ayah menyuruh saya membeli rokok djarum.
v Tangan saya berdarah tertusuk jarum.
e) Contoh kalimat homograf :
·     Tahu (makanan), Tahu (mengetahui).
v Irsan tidak suka makan tahu.
v Saya tahu tentang pelajaran ini.
·     Serang (nama kota), Serang (perang).
v Minggu depan saya ingin pergi ke kota serang.
v Pasukan itu di serang oleh musuhnya.
f) Contoh kalimat polisemi :
·     Tangan
v Tangan adik terkilir karena jatuh.
v Bu siti adalah tangan kanan Bu irma.
(tangan kanan artinya kepercayaan).
v Pak Joko main tangan pada anaknya karena nakal.
(main tangan artinya melakukan kekerasan/memukul).
g) Contoh kalimat sinonim :
·     Nakal = Bandel
v Ayu memang anak nakal.
·     Senang = Gembira
v Saya sangat gembira bertemu dengan ibu.
h) Contoh kalimat antonim :
·     Senang >< Sedih
v Saya sedih melihat teman saya sakit.
·     Laki-laki >< Perempuan
v Bibi saya melahirkan seorang anak perempuan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar